Kamis, 14 April 2011

iPad 2 Kembangkan 3D Tanpa Kacamata


iPAD 2 bikin gebrakan dengan menambah aplikasi 3D tanpa memakai kacamata. Apple terus melakukan inovasi untuk produk andalannya itu. 

Dua orang peneliti dari Engineering Human-Computer Interaction (EHCI) Research Group 
dari Prancis, Jeremie Francone dan Laurence Nigay, berhasil membuat aplikasi pelacakan wajah, yang menyediakan antarmuka 3D untuk perangkat iPad 2. 

Mereka mengembangkan teknik tampilan 3D pada layar iPad 2 tanpa kacamata, dan tanpa akselerometer, yaitu sensor yang bisa membaca pergerakan. Teknik sepenuhnya didasarkan pada pelacakan pergerakan kepala pengguna, yang diambil dari kamera yang menghadap ke depan. 

Intinya dari teknologi tersebut mengubah kamera iPad seperti ke dalam perangkat dasar Kinect, yang berdampak besar dalam industri permainan 3D pada perangkat iOS. 

Aplikasi ini bekerja dengan menggunakan feed dari kamera yang menghadap ke depan, dan perangkat lunak yang disebut Head-Coupled Perspective untuk melacak posisi kepala seseorang dalam bentuk 3D secara real time. 

Efek 3D tercipta bagi pengguna tanpa memakai segala jenis kacamata 3D. Perangkat lunak ini masih dalam tahap pembangunan dan akan diproduksi secara komersial. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar