Selasa, 24 Agustus 2010

M.JENI, 3D Blender and LMS

Salam Cahaya

wew,  perkuliahan dimulai. Nampak wajah-wajah penuh rasa penasaran akan mata kuliah yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa ITB-Seamolec Bacth 3. Hari pertama, pengenalan pembuatan game menggunakan netbean, kata abang Rizal, "netbeans dan javanya diinstal dulu ya, biar besok bisa langsung praktek tanpa ribet dengan urusan instal-menginstal..." (hanya mengutip dan sedikit improvisasi bang, hehehe). Ruangan yang dipakai ruangan yang cukup besar, dan memakai sistem "perkuliahan umum". Jadi seluruh mahasiswa batch 3 berkumpul menjadi 1 dalam 1 ruangan, dan kita dari 3damar crew merasa prihatin, Bang Rizal harus bela-belain ngomong dengan lantang-lantang, padahal lagi puasa. Bravo buat Bang Rizal.

Pertama-tama, kita diperkenalkan dengan berbagai macam method umum yang dipakai dalam pemrograman Java. Type data juga diperkenalkan Kebanyakan dari mahasiswa sudah ada yang mendapatkan bahasa pemrograman. Namun, agar azas sama rata, maka jadilah kita diberikan materi dari awal, walaupun sifatnya pengenalan, paling tidak kami bisa mengerti bagaimana menggunakan fungsi2 yang terdapat dalam java netbeans (sebenarnya masih banyak yang perlu dimengerti).

Hari ke dua, pembuatan game sebenarnya dimulai. Penggunaan Sprite menjadi daya tarik sendiri kala itu. karena jujur, ribet banged euy, tapi Bang Rizal bilang, "saya ajarkan kalian yang susah dulu, baru yang gampang". Dan emang bener (sedikit ribet), sekalian mengasah logika mahasiswa. perjuangan to be continue....

Hari ketiga, well masih menggunakan metode yang sama, metode yang susah dulu. dan berbahagilah mahasiswa pada saat itu Bang Rizal mengakhiri petualangan logika , karena seusai yang susah, si abang sudah berjanji mengajarkan metode yang lebih keren, tetapi tetep, logika harus jalan terus. Yakni menggunakan class DesaignMidlet dan GameDesaign. Keduanya membangun tampilan game, tanpa bingung menentukan posisi X dan Y suatu gambar, tinggal klik dan drag, dan dalam hitungan menit,.......jeng jeng...jadilah. Itu baru tampilan doank, yang sebenarnya masih tetep pake logika, logika, and logika......(si logika kudu bayar royalti, karena kita udah nyebutin logika beberapa kali dalam tulisan ini, hehehehe)

Hari ke empat, untuk memantapkan game, walau belum masuk game yang ciamik lagi, kayaknya anak-anak (mahasiswa red) mulai berlatih dan mengasah logika masing-masing. ada yang berkreasi menggunakan sintak2 yang udah ada (metode kopas). jadilah hasil pertama belajar kami tentang java. kita selipkan beberapa screenshot hasil  latihan kami (kebetulan yang take si angga...good job bro)


3D Blender
so guys, what' u felt??? hmmm, seru. engga nyangka aja, 3D Blender, kayakna mata kuliah ini berat banged, ternyata eh ternyata engga juga ding, kenapa begitu??? ada yang tahu.....??? oke, kita tenang dulu ya, sambil ngopi2 gitu deh...hehehe, oke lanjut. Jadi setelah kita dapet Bang Rizal, Kita ketemu sama Mas Poor, hmm, 1st impression, galak engga ya?? killer engga ya, and Binggo. Kalem and santai, saking santai, kita banyak nonton film animasi (bukan sembarang film ya). Jadi tujuannya, nanti kita bisa buat film yang bisa melebihi contoh yang diperlihatkan sama Mas Poor. Nah, Mas Poor juga kasi tugas, lumayan lucu. kita bikin 3 gambar, yang mana 1 kertas yang pertama, berisi gmabar abstrak, ada bentuk bangun datar dan garis lengkung abstak, gambar ke 2, membuat tokoh cartoon favorit, trus sebagai "tiket" masuk di jam mas Poor, kita bikin gambar tokok cartoon juga, untuk melihat potensi menggambar dari semua mahasiswa. Disamping  itu, kita juga dapet project bikin film stop motion dengan model dari lilin malam. dan berikut dokumentasi project kita (narsis dikit yah).
 
Nah project yang kita kerjaen pada saat itu, adalah stop motion, jadi teknik pembuatan film dengan pengambilan beberapa gambar lalu digabungkan hingga akhirnya menjadi suatu gerakan utuh.









jujur deh, kita have fun dengan project kayak gini, itung2 mengusir ngantuk. dan pastinya untuk menciptakan karakter yang diinginkan, kita harus membentuk karakter yang diinginkan dengand daya cipta yang kreatif, skenario/jalan cerita yang akan dimaenkan oleh si karakter. Pokoknya seru. and Binggo, Home Work, kita harus buat film ini dengan finalisasi akhir yang maksimal.






LMS. Okelah, tarik nafas dulu. ketemu sama Mas Timin. hmmm, kita dapet project juga, yakni pembuatan moddle. Tiap mahasiswa diwajibkan mengumpulakan mapping program yang sudah tercantum judul pembelajaran/ tutorial didalamnya. Cuman itu?? itu baru batang tubuhnya, belum isinya cuy. Jadi kita harus menyiapkan materinya juga. Deadline seminggu...(panen tugas euy)

Jadi dari sekian hari waktu yang sudah berjalan, banyak hal yang kita peroleh. pastinya kita belajar untuk menghargai waktu, menghargai orang lain dan menghargai apa yang sudah ada, tinggal bagaimana kita memaksimalkannya. agree guys???

oke, berhubung ketiga pasang mata kita pada 5 watt, ada baiknya tulisan sekaligus laporan kita akhiri sampai disini, sampai ketemu lagi. mudah-mudahan besok bisa lebih baik dari hari ini. Selamat Malam

Gracias
3Damar Crew







Tidak ada komentar:

Posting Komentar