Senin, 04 Oktober 2010

Catatan Kecil Kami....Part 3 (hari 1 magang)

Salam cahaya...

balik lagi neh...lanjutan catatan kecil kami, dan bolehlah kami memuji dan berucap syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena diberikan kesempatan untuk menikmati indahnya hari dan gemerlapnya episode kami di Jatinangor. Thax My Lord.

dan yang ditunggu-tunggu sudah tiba. MAGANG. Hari pertama begitu semangat. Mudah-mudahan untuk selanjutnya juga begitu, we hope so. Jadi, tadi pagi, sekitar pukul 09.00 kami, udah siap "bertempur" dan "menggempur" percaya diri dan pengetahuan kami tentang materi kuliah yang sudah kami dapatkan 2 bulan belakangan. Puji Tuhan, siswa-siswa yang kami berikan "pencerahan" (hihihi, selalu dengan tanda kutip) sangat antusias. Untuk hari ini, kami memberikan perkenalan kepada kelas 9A dan kelas 9B.

Dimulai dari kelas 9A...!!!
hmm, sayang banged neh, kita engga bisa totalitas dalam artian..No LCD. jadi disini kita klarifikasi, LCD yang dimaksud, engga ada infokus, kebetulan adanya di ruang multimedia, yang kebetulan juga itu ruangan lagi dipake meeting sama orang tua/wali siswa. Kami diantar oleh Ibu Susi menuju Kelas 9A. so jadilah, dikelas aja. Bak pedagang obat, si Adhi mulai koar-koar dengan pedenya...dan mulai bercuap-cuap ria...(Rendi dan Angga jadi juru photo) yah, dengan keadaan seadanya, kami hanya bisa memberikan gambaran bahwasanya belajar itu sebenarnya sangat menyenangkan. dan kami sendiri ingin memecah stigma dikalangan siswa-siswa yang tengah mencari jati diri ini (terlalu berlebihan ya? hmmm) yang selama ini sudah mendarah daging turun temurun "BELAJAR ITU MEMBOSANKAN" dan ternyata...BINGGO!!! mereka, wellcome banged. apalagi setelah kami demokan game RPG...beuh...tergurat dalam wajah-wajah polos itu rasa ingin mencoba cita rasa dari RPG..dan jadilah suasana kala itu semakin hangat...

Kami memberikan semacam motivasi kepada adik-adik siswa. Bisa dibilang begitu. Mengingat peralatan yang kurang mendukung, seperti yang udah kita ulas sebelumnya, dengan minimnya peralatan komputer yang jauh dibawah standar baku, memang ada beberapa materi yang tidak bisa kami berikan. Namun, kami percaya, keinginan dan motivasi yang kuat untuk belajar, belajar dan belajar, mudah-mudahan waktu yang singkat ini, bisa kami gunakan dengan sebaik-baiknya dan seluruh ilmu yang bisa kami bagi ke adik-adik SMPN 2 TanjungSari, dapat diserap, dimengerti dan dipahami.

Karena hanya sebatas pengenalan, kami membatasi waktu (dengan terpaksa, padahal mereka lagi asyik nyobaen satu per satu permaenan itu, tapi apa mau dikata). Sumringah wajah siswa-siswa kelas 9A, begitu jelas terpancar, dan perfectly...semuanya pengen belajar...

Lanjut Kelas 9B
Seusai mohon diri dari kelas 9A, kita beralih ruangan menuju ruangan Multimedia. Nah loh? katanya dipake sama wali murid? Kebetulan juga, pertemuan itu udah pada bubar, dan jadilah ruangan multimedia itu, siap kami gunakan, dan didalamnya sudah menunggu 1 rombongan siswa kelas 9B. udah pada duduk manis. tiba-tiba saja, Bapak Kepala Sekolah, masuk dan memperkenalkan kami kepada anak-anak didiknya. (Kali ini serasa jadi tamu agung, yang baru dateng dari jauh, dapet keprok-keprok tangan/tepuk tangan maksudnya). Dan kelas 9B lebih beruntung yah, mereka kebagian LCD, jadi bisa nonton (melihat red) semua paparan kami, yang kami sajikan dalam powerpoint. Termasuk contoh-contoh dari materi-materi yang akan kami perkenalkan serta ajarkan, ada 3D Blender, RPG Maker, M.Jeni, Sea Journey. Sama halnya dengan kelas 9A, rasa penasaran dan keingintahuan yang lebih dalam, tergamabar dalam wajah polos mereka, seakan-akan sudah tidak ada rasa kesabaran untuk bisa belajar membuat hal serupa. Apa yang kami lakukan di kelas 9A, begitu pula kami perlakukan di kelas 9B, hanya saja situasi yang lebih mendukung dimiliki oleh kelas 9B, yakni keberadaan infokus. Dan hingga akhirnya, sang waktu sudah menunjukkan tarian jarum 12.10 siang.

Dan berhubung waktu sudah tidak memungkinkan lagi, kami sepakat mengakhiri pertemuan perdana itu. Besok disambung lagi 4 kelas, mudah-mudahan ilmu kami bisa mengena kepada adik-adik SMPN 2 TanjungSari. hmmm, berhubung kami juga rada capek, ya sudahlah...jadilah kita mohon pamit ke Ibu Susi, dan beliau berpesan, besok kita diharapkan datang jam 7 pagi...jeng...jeng...jeng...jeng...!!!
hmm, okelah, kita siapkan anumisi yang lebih puol.

Cerita kami berlanjut pada 3Damar On Apprentice second day....

Salam hangat
3Damar














1 komentar:

  1. Lanjutkan.. Demi mencerdaskan putra-putri bangsa Indonesia.. Betul... Betul.. Betul
    Ditunggu info lainnya yaa..

    BalasHapus