Minggu, 24 Oktober 2010

Di Surabaya, IWIC Hadirkan Seminar dan Tutorial Android

Jakarta - Setelah sebelumnya hadir di ITB Bandung, akhir September lalu Sosialisasi 5th IWIC 2010 hadir di Surabaya. Diselenggarakan di Gedung Pasca Sarjana ITS di Sukolilo Surabaya, sosialisasi IWIC dihadiri oleh lebih dari 250 orang mahasiswa dan juga para undangan dari masyarakat umum lainnya.

Dalam acara yang dibuka oleh Pembantu Rektor 2 ITS ini, Indosat menghadirkan pemenang 4th IWIC 2009 di kategori Android. Acara seminar dan tutorial Android ini juga turut diramaikan dengan kehadiran IM2 sebagai penyedia layanan Android dan juga Sony Ericsson sebagai salah satu penyedia handset telekomunikasi yang menggunakan platform Android.  

Acara seminar dan tutorial berlangsung menarik dan atraktif. Diawali dengan presentasi mengenai tata cara mengikuti kompetisi 5th IWIC 2010 yang disampaikan oleh Tim IWIC 2010 dan dilanjutkan dengan demo i-Store, yang merupakan "toko virtual" yang menyediakan ribuan aplikasi Android baik yang gratis maupun berbayar, yang merupakan inovasi terbaru Indosat bekerja sama dengan anak perusahaannya IM2.

Selain itu, Andry pemenang 4th IWIC 2009 kategori Android based Application memberikan tips mengenai android dan aplikasinya. Di kesempatan yang sama, Adi, penulis buku “Let’s Android” juga memberikan informasi dan arahan mengenai bagaimana mengenal Android lebih jauh serta penggunaan secara sederhana di Handset android. Acara ditutup dengan games dan kuis yang memberikan berbagai hadiah menarik seperti T-Shirt, USB, voucher Indosat dan tentunya hadiah utama handset Android terkini.

Dalam menyelenggarakan sosialisasi 5th IWIC 2010 di Surabaya tersebut, Indosat bekerja sama dengan media partnert PcPlus untuk melakukan roadshow sesi 9 Indosat Wireless Innovation Contest 2010 dan seminar plus tutorial Android.

Acara sosialisasi ini merupakan salah satu upaya untuk mengajak generasi muda berkreasi melalui ajang IWIC 2010, dimana Indosat menyelenggarakan serangkaian kegiatan seminar dan roadshow di berbagai kota di Indonesia, bekerja sama dengan berbagai universitas terkemuka. Dalam acara seminar dan roadshow di berbagai kota tersebut, juga dihadirkan para pemenang IWIC tahun sebelumnya serta para pakar Informasi dan Teknologi (IT), untuk berbagi ilmu, informasi serta motivasi, khususnya dalam bidang kreatifitas teknologi wireless melalui kompetisi IWIC yang telah memasuki tahun ke-5. 

Selama sosialisasi IWIC 2010, antusiasme para peserta yang terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi terwujud dari banyaknya pertanyaan yang diajukan, mulai dari manfaat mengikuti acara ini, proses penjurian hingga berbagai hadiah menarik yang menanti bagi para juara IWIC 2010.

Hadiah total ratusan juta rupiah, handset BlackBerry, handset Android serta netbook dan juga kesempatan untuk saling berbagi pengalaman dengan generasi-generasi muda yang kreatif dengan berbagai inovasi-inovasi terbarunya telah disediakan oleh Indosat dan menanti para pemenang.

Dengan 2 kategori, yaitu Pengembangan Aplikasi Wireless serta Penulisan Karya Tulis, Indosat menantang para generasi muda untuk menunjukkan dan mengembangkan ide baru dan kreativitasnya yang tak terbatas.

Sementara itu, dalam ajang IWIC 2010, untuk kategori Pengembangan Aplikasi Wireless sendiri terdiri atas 2 sub kategori, yaitu Bisnis dan Komersial (mobile advertising, mobile tracking & navigation, mobile payment, mobile learning, ataupun traveler / roaming, dll) serta Games & Entertainment (pengembangan terkait games atraktif, interaktif, social netowking, instant messaging, video messaging dsb). Disini peserta dapat membuat berbagai program aplikasi yang dapat diimplementasikan untuk BlackBerry, handset berbasis Android, layanan broadband (perangkat PC, notebook, netbook, MID, dll) serta untuk perangkat wireless lainnya. Kategori pengembangan aplikasi ini terbuka untuk masyarakat umum.

Kategori IWIC 2010 yang kedua adalah Penulisan Karya Tulis. Dalam kategori ini, peserta membuat karya tulis dengan topik utama yaitu teknologi komunikasi wireless, yang dapat dilihat dari berbagai sudut, antara lain dari segi regulasi, aplikasi / implementasi, industri telekomunikasi secara umum, manfaatnya bagi masyarakat, kandungan lokal perangkat (local content), perkembangan teknologi di masa depan, trend teknologi saat ini dan masih banyak lagi lainnya. Kategori kedua ini ditujukan bagi pelajar SMP/ SMA, Mahasiswa serta wartawan / jurnalis umum.

Untuk kategori Aplikasi Wireless, syarat untuk mengikuti IWIC 2010 adalah karya yang dihasilkan dapat dijalankan atau diaplikasikan di berbagai platform (BlackBerry, Android, Broadband, dsb), karya harus original, unik, dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba lain sebelumnya, serta karya yang terpilih menjadi pemenang, akan direview oleh Indosat, untuk dapat ditindaklanjuti sebagai fitur yang akan dikomersialkan Indosat dan akan dilakukan negosiasi terpisah.

Peserta yang berminat mengikuti kompetisi ini dapat mengirimkan langsung karyanya via email ke iwic2010@indosat.com, publicrelations@indosat.com ataupun melalui website Indosat di  www.i-wirelessinnovation.com yang akan di re-route ke www.iwic.kongkoow.com, dimana web site ini dikelola bersama dengan IM2 (Indosat Mega Media) . Peserta cukup melampirkan hasil scan data diri (nama, alamat, No. HP produk Indosat/Telpon, tingkat pendidikan, nama perguruan tinggi/universitas), foto copy identitas diri (KTP/SIM/Kartu Mahasiswa/Kartu Pengenal lainnya) serta karya tulis/konsep yang akan dilombakan (prototype dibuat setelah peserta terpilih menjadi finalis).

Untuk memberikan wadah berkomunikasi sekaligus menjadi pusat informasi tentang berbagai hal terkait program IWIC, peserta dapat mengunjungi portal IWIC dengan alamat: www.i-wirelessinnovation.com, FaceBook Group di Indosat Wireless Innovation Contest – Internet & Technology Mobile serta www.indosat.com/iwic.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar